Sunday, December 14, 2014

Potensi dan Peluang Online Community



Online community memiliki peluang dan potensi yang dapat digunakan oleh para pemasar/marketer untuk menjalin hubungan dengan para konsumen sebagai berikut :
  •  Respon yang spontan dan unexpected, dari interaksi tersebut akan lebih banyak didapat respon yang berasal dari murni pemikiran anggota komonitas tersebut. Sehingga pemikiran tersebut dapat dianalisa dan dijadikan nilai tambahan untu para pelanggan dan organisasi.
  • Komunikasi yang interaktif, memberikan keuntungan kepada para konsumen untuk berinteraksi dengan konsumen lain yang mempunya minat atau ketertarikan yang sama, contohnya terhadap merek tertentu. Peluang pemasar adalah menjalin hubungan antara merek dengan kehidupan sosial dari anggota komunitas yang akan menghasilkan alat pemasaran yang baru dan optimal.
  • Menciptakan suasan online community  yang nyaman untuk para anggota, dengan rasa nyaman tersebut diharapkan dapat berinteraksi dan bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya. Pemasar memiliki peluang untuk mendapatkan persepsi tentang merek atau produk yang akurat dan efisien dalam waktu yang cepat. Semakin sering berkomunikasi dan berinteraksi, semakin kuat ikatan komunitas, semakin baik respon yang didapat.
  • Dengan perkembangan tehnologi peran menganalisa interaksi di dalam komonitas dapat dilakukan oleh aplikasi atau alat seperti Artificial Life’s STAn, alat pintar yang menganalisa text pada forum diskusi. Dengan kemampuan algoritmna yang canggih dan analisa statistik, dapat menghasilkan yang akurat dan mudah dimengerti. Hal ini membantu pekerjaan para pemasar menjadi lebih optimal dan efisien.

Sumber :
McWilliam G (2000). Building Stronger Brands through Online Communities. Sloan Management Review. Spring 2000

2 comments:

  1. Sayangnya belum semua punya kesadaran untuk melakukan "digital communication" kepada "online community"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, padahal di negara lain sudah sangat aware untuk menargetkan online community

      Delete